Kemenangan Mobil Hybrid Di Sirkuit Balap Le Mans

Kemenangan Mobil Hybrid Di Sirkuit Balap Le Mans

Download Game Ppsspp – Di balapan 24 jam Le Mans tahun ini, mobil hybrid menang untuk pertama kalinya. Tempat pertama dan kedua diduduki Audi R18 e-tron quattro. Roda-roda belakang prototipe balap ini digerakkan oleh sebuah mesin diesel dengan tenaga lebih dari 500 PS. Unit mesin generator listrik dihubungkan dengan rodaroda depan. Dalam fase pengereman, generator membantu memperlambat dan energi yang disimpan digunakan kembali untuk mendukung akselerasi. Hal istimewa pada teknik balap ini adalah penyimpanan energi yang tidak menggunakan baterai atau pun kondensator, tetapi roda ayun serat karbon yang berputar dalam ruang hampa udara dan dipercepat atau direm oleh sebuah unit mesin generator lainnya.

Solusi teknis yang tidak biasa ini menawarkan beberapa kelebihan untuk balap. Akselerasi penuh dan rem mendadak selalu bergantian. Roda ayun lebih ringan daripada baterai serta lebih tidak sensitif terhadap suhu dan beban tinggi dibanding litium ion. Karena roda ayun hanya menyimpan energi untuk waktu singkat, roda ayun jenis ini tampaknya tidak tepat untuk mobil biasa. Semua teknik hybrid memang bertujuan menghemat bahan bakar. Melindungi lingkungan adalah alasan lainnya di samping penghematan sumber daya. Setiap liter bensin atau solar yang tidak dibakar dapat mengurangi gas buang CO2 di udara. Dengan berkurangnya emisi gas buang dari kendaraan-kendaraan pribadi, kerusakan lapisan ozon dapat dikurangi. Alasan ketiga dapat dilihat di setiap pom bensin (SPBU), yaitu harga bahan bakar yang semakin tinggi.

Selain itu, dari sudut pandang teknik fisika, sebuah mesin listrik akan bekerja jauh lebih efisien daripada mesin bahan bakar. Efisiensi mesin bensin masa kini sekitar 35%, sementara efisiensi mesin diesel sekitar 45%. Di sisi lain, mesin listrik sinkron mengubah 95% energi yang diterima menjadi energi gerak. Pembangkit listrik tenaga panas juga memiliki efisiensi hingga 60%. Oleh karena itu, penghasil CO2 ini digunakan untuk mengoperasikan mobil listrik.Perbedaan yang sangat mencolok adalah efisiensi mesin bahan bakar dengan mesin listrik pada saat mobil berjalan santai atau dalam lalu lintas kota (mesin sedang tidak bekerja terlalu keras).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *