Ditjen Pajak dan Ditjen Bea Cuka Bersinergi Mempermudah Layanan

Ditjen Pajak dan Ditjen Bea Cuka Bersinergi Mempermudah Layanan

Direktorat Jenderal Pajak dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai bersama-sama dalam upaya untuk meningkatkan kemudahan layanan masyarakat. Kerja sama ini dimaksudkan dalam rangka menciptakan reformasi perpajakan.

Heu Pambudi, Dirjen Be dan Cuka berkata, setidaknya terdapat 3 bentuk dari sinergi tersebut, yaitu Program Joint Endorsement, program Implementasi Free Trade Zone yang terdapat pada kawasan bebas Batam, Karimun, Bintan dan Sabang, terakhir adalah Program Joint Assistance di antara DJP-DJBK.

Dengan program ini, diharapkan pengurusan layanan dari dokumen Pemberitahuan Pabean dan faktur pajak 07 bisa dilaksanakan melalui proses input data untuk 2 layanan tersebut. Dan bila sebelumnya untuk membuat kedua dokumen tersebut dibutuhkan waktu yang cukup lama, di mana para pengguna jasa mesti melakukan proses manual dengan datang langsung ke KPP dan Kantor Pelayanan Bea Cukai untuk memperoleh endorsement.

“Saat ini proses pengurusan kedua dokumen hanya memerlukan satu proses saja yang telah terintegrasi dan dengan adanya program tersebut proses layanan endorsement bisa dilakukan secara online dengan menggunakan dan menerapkan manajemen risiko, pemeriksaan bersama dengan memanfaatka risk engine serta memerhatikan dengan baik profil risiko dari wajib pajak.”

Dengan memanfaatkan layanan ini para pengguna jasa bisa memperoleh banyak manfaat termasuk proses layanan yang jauh lebih cepat, mudah dan sederhana, tidak hanya itu saja, juga proses restitusi pajaknya bisa menjadi lebih gampang dan cepat dilaksanakan.

Apa Itu Joint Assistance?

Sementara itu, hasil kerja sama pemerintah dalam bentuk nyata joint assistance dapat diimplementasikan di dalam bentuk pemberian konsultasi atau bimbingan tentang pemanfaatan fasilitas fiscal terutama di bidang kepabeanan, cukai dan perpajakan.

Heru juga mengatakan selain memberikan konsultasi dan bimbingan juga akan dilakukan pengawasan terhadap para perusahaan yang hingga saat ini masih menerima fasilias perpajakan dan kepabeanan, untuk menjaga kepatuhan mereka di bidang perpajakan.

Salah satu bentuk nyata dari implementasi Joint Assitance bisa dilihat dari luncurnya fitur Go-fas(t) di halaman resmi pemerintah, beacukai.go.id/gofast yang mana akan mempermudah pemakai jasa untuk mengetahui apa saja fasilitas kepabeanan yang sesuai dan mereka butuhkan.

Sumber : jasa konsultan pajak jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *